SURVEI AKREDITASI RUMAH SAKIT KHUSUS MATA TANGGAL 19 DESEMBER SAMPAI DENGAN 21 DESEMBER 2017

0
778

Rumah Sakit Khusus Mata  Provinsi Sumatera Selatan melaksanakan kegiatan Survei Penilaian Reakreditasi RS oleh KARS (Komisi Akreditasi Rumah Sakit) pada tangga  19-21  Desember  2017. Tim surveior dari KARS yang melakukan survey penilaian terdiri dari dr. Bahaudin, MMR selaku ketua tim surveior yang juga bertugas sebagai surveior bidang Manajemen, kemudian Ibu Juleha Pua Geno, SKp, M.Kes sebagai surveior bidang keperawatan serta Dr. dr. Azwar Ridwan, Sp.MK, sebagai surveior bidang medis.

Kegiatan H -1 pertama ini dibuka dengan sambutan dari Kepala Rumah Sakit Khusus Mata Provinsi Sumatera Selatan yaitu Dr. dr. Anang Tribowo, Sp.M (K), yang dilanjutkan dengan penjelasan pelaksanaan survei akreditasi oleh ketua tim survei yakni dr. Bahaudin, MMR. Kemudian Hari Pertama dilanjutkan dengan presentasi tentang Peningkatan Mutu oleh Kepala Rumah Sakit Khusus Mata Provinsi Sumatera Selatan. Dalam acara tersebut dihadiri oleh Sekretariat Dinas Kesehatan  dr. H. Trisnawarman, Mkes dan 50 tamu yang merupakan ketua dan wakil masing-masing Pokja Akreditasi Rumah Sakit Khusus Mata Provinsi Sumatera Selatan. Pada pukul 9.45 wib dilaksanakan telaah dokumen tertutup yang berlangsung hinggal pukul 13.30 wib. kemudian dilanjtkan dengan telusur lapangan.

Kegiatan hari kedua berisi paparan dari Tim Surveior atas hasil survei pada hari pertama, kemudian dilanjutkan dengan presentasi tentang Pedoman Praktek Kinis/Clinical Pathway  dr. Hamidin, Sp.M selaku Ketua Komite Medik, presentasi FMEA oleh Henny Kushardiany, SKM selaku Kasi Pelayanan dan Penunjang Medis, presentasi Managemen Resiko di Fasilitas Kesehatan oleh dr. Linda Welly, MKK, presentasi Kejadian Insiden di Rumah Sakit oleh dr. Hasanuddin  . Setelah presentasi selesai pukul 10.00 wib, Tim Surveior melakukan survei langsung di lapangan.

 

Kegiatan pada hari ketiga diawali dengan klarifikasi dan masukan kepada Kepala Rumah Sakit Khusus Mata Provinsi Sumatera Selatan, wawancara pimpinan dan telusur Kualifikasi dan Pendidikan Staff (KPS) Rumah Sakit Khusus Mata Provinsi Sumatera Selatan, kemudian kegiatan diakhiri dengan Exit Conference dari Tim Surveior KARS lalu dilanjutkan dengan acara penutupan oleh Kepala Rumah Sakit Khusus Mata Provinsi Sumatera Selatan.

Semoga dengan kegiatan akreditasi ini Rumah Sakit Khusus Mata Provinsi Sumatera Selatan dapat selalu menjaga dan meningkatkan kualitas pelayanan di Rumah Sakit Khusus Mata Provinsi Sumatera Selatan. Sesuai dengan visi dan misi Rumah Sakit Khusus Mata Provinsi Sumatera Selatan.