Kornea dan Bedah Refraktif

0
249

Bedah refraktif adalah bedah mata opsional yang digunakan untuk menunjang keadaan refraktif mata dan mengurangi atau menuntaskan ketergantungan terhadap kacamata atau lensa kontak. Bedah refraksi adalah tindakan operasi untuk mengatasi masalah ketajaman penglihatan atau kelainan refraksi dengan memperbaiki struktur kornea. Bedah tersebut meliputi berbagai metode bedah perombakan kornea (keratomileusis), penanaman lensa atau penggantian lensa.
Untuk mendeteksi dan mendiagnosis gangguan penglihatan mata yang dialami pasien, dokter akan melakukan beberapa jenis pemeriksaan mata yang meliputi pemeriksaan pupil, gerakan mata, retina dan saraf mata, tekanan bola mata, serta pemeriksaan refraksi mata.
Pemeriksaan rutin ke dokter mata sangat dianjurkan jika memiliki faktor-faktor yang dapat meningkatkan risiko terkena gangguan penglihatan. Pemeriksaan sebaiknya dilakukan secara rutin agar gangguan penglihatan mata dapat dideteksi sedini mungkin.
Dokter Sub Spesialis Kornea dan Bedah Refraktif di RS Khusus Mata Masyarakat Provinsi Sumatera Selatan yaitu dr. Ristania, Sp.M dan dr. Okta Kuriawan, Sp.M